Suka Info Misteri? Baca langsung via emailmu. Klik di sini untuk mendaftar!

Pesan Terakhir Paus Benediktus XVI

Pesan Terakhir Paus Benediktus XVI

Paus Benediktus XVI menyampaikan pesan terakhirnya di hadapan puluhan ribu pengikutnya di Vatikan, Ahad (17/2). “Hari ini kita merenungkan Kristus di gurun pasir, berpuasa, berdoa dan dicoba,” kata Paus seperti dilaporkan CNN. Selain menyampaikan pesan terakhirnya, Paus juga mengucapkan terima kasih kepada para pengikut setianya di Vatikan. Paus yang diangkat pada 2005 menggantikan Paus Yohanes Paulus II itu mendoakan para pengikutanya selalu diberkati Tuhan.

“Terima kasih atas doa dan dukungan kalian kepada saya selama ini. Semoga Tuhan memberkati kalian semua!,” ujar Paus.  Begitulah pesan terakhir yang disampaikan Paus berusia 85 tahun itu. Akhir bulan ini, Paus Benediktus XVI tidak akan lagi menjadi juru lentera di Vatikan.

Ia telah menyatakan pengunduran dirinya karena masalah kesehatan. Keputusan undur diri Paus Benediktus XVI itu mengejutkan jutaan orang di seluruh dunia pekan lalu. Pengunduran diri tersebut mencatatkan diri Paus Benediktus XVi sebagai paus pertama yang mundur dalam hampir 600 tahun terakhir.

Namun, pengunduran diri Paus Benediktus XVI yang diumumkan pada Senin, 11 Februari 2013, itu merupakan pengunduran diri pertama karena alasan kesehatan. Kantor berita Reuters dalam laporannya menyebutkan, Paus, 85 tahun, dalam pengumuman pengunduran dirinya mengatakan, beliau merasa sudah tidak memiliki kekuatan untuk menjalankan tugas karena faktor usia.

Paus mengatakan, “Saya menyadari bahwa kekuatan saya telah banyak berkurang akibat usia tua. Kemampuan saya untuk memberikan layanan kepada umat sudah tak memadai.” Demikian bunyi pernyataan Paus yang dikutip oleh CNN. Oleh sebab itu, Paus menyatakan akan mengundurkan diri. “Selanjutnya tugas-tugas akan dilaksanakan oleh Saint Peter,” ujarnya.

Juru bicara Vatikan, Bapa Federico Lombardi, mengatakan, Paus Benediktus XVI akan meninggalkan jabatannya pada akhir Februari 2013. “Paus mengumumkan bahwa beliau akan meninggalkan jabatannya pada pukul delapan malam waktu setempat (19.00 GMT), 28 Februari 2013.” Paus Benediktus mengepalai Gereja Vatikan selama hampir delapan tahun. Dia memulai tugasnya pada April 2005 setelah meninggalnya Paus John Paul II.