Suka Info Misteri? Baca langsung via emailmu. Klik di sini untuk mendaftar!

Misteri Dibalik Kecantikan Nyi Roro Kidul

 Nyi Roro Kidul

Masyarakat Tanah Jawa tentu sudah akrab dengan legenda yang berkisah tentang keberadaan Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul adalah sosok penguasa laut selatan yang digambarkan memiliki kecantikan abadi sepanjang masa. Beragam dongeng tentang keberadaannya banyak diceritakan dalam buku dengan berbagai versi. Versi cerita ini berbeda tergantung pada daerah dan lokasi di mana dongeng itu diceritakan. Versi Nyi Roro Kidul di daerah pesisir Malang Selatan tentu akan jauh berbeda dengan versi Nyi Roro Kidul di daerah Yogyakarta atau Jawa Barat.

Di antara berbagai versi cerita yang banyak beredar di lingkungan masyarakat, terdapat satu kesamaan yang diceritakan oleh para pendongeng yaitu kecantikan sang ratu. Selain cantik, sosok Ratu Kidul merupakan sosok agung yang dimuliakan dan dihormati dalam mitologi Jawa. Masyarakat Jawa mengenal sebuah istilah “telu-teluning atunggal” yang berarti tiga sosok menjadi satu kekuatan yaitu Eyang Resi Projopati, Panembahan Senopati, dan Ratu Kidul. Ratu Kidul juga dipercaya menjadi “istri spiritual” raja-raja trah Mataram.

Berpakaian serba hijau

Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai sosok yang anggun dan mempesona serta memiliki tatapan yang syahdu dan memukau. Wajah Nyi Roro Kidul menyiratkan sebuah sifat kebijaksanaan. Selain itu, Nyi Roro Kidul dikatakan selalu mengenakan pakaian berwarna hijau. Oleh sebab itu, konon ketika Anda mengunjungi pantai selatan, Anda dilarang memakai baju berwarna hijau. Nyi Roro Kidul, menurut deskripsi, adalah sosok yang memakai mahkota ratu dan memakai kain selendang di bahu. Nyi Roro Kidul biasa digambarkan dengan tata rias khas Jawa dengan sorot mata yang tajam dan menusuk. Konon, tatapan mata Nyi Roro Kidul inilah yang biasa menjadi pusat mistis lukisan-lukisannya.

Berpakaian khas kerajaan

Menurut versi cerita masyarakat Yogyakarta, Nyi Roro Kidul sering terlihat mengenakan pakaian khas kerajaan. Nyi Roro Kidul biasa digambarkan dengan pakaian khas kerajaan dengan atasan berbentuk kemben dengan warna hijau. Nyi Roro Kidul juga selalu memakai mahkota berwarna emas di kepalanya. Selain itu, aksesoris berupa gelang emas juga selalu dipakai. Karena parasnya yang sangat cantik, Nyi Roro Kidul juga dipanggil dengan sebutan matahari yang bersinar. Sedangkan menurut versi cerita Babad Tanah Jawi, Nyi Roro Kidul sering menampakkan diri dengan diikuti berbagai perangkat serta ornamen perang. Meskipun begitu, kecantikan abadi Ratu Pantai Selatan ini tidak pernah berhenti terpancar. Pakaian khas kerajaan yang dikenakan Nyi Roro Kidul seolah menambah sisi mistis kecantikannya. Nyi Roro Kidul sering diilustrasikan mengendarai kereta keraton dengan busana kebesaran itu.

Menurut penuturan masyarakat, siapa saja bisa melihat sosok Nyi Roro Kidul. Anda hanya perlu pergi ke Pantai Karang Hau di Sukabumi, Jawa Barat. Di sana, Anda hanya perlu masuk ke Samudra Beach Hotel, sebuah hotel paling tua dan paling unik di sana. Di hotel tersebut terdapat sebuah kamar bernomor 308 yang konon khusus disediakan untuk Nyi Roro Kidul. Menurut mereka yang sudah pernah mengunjungi tempat itu, siapa pun bisa bertemu dengan sosok ratu jelita ini.


  • SALSABILAPUTRI

    WAW SEREM SEKALIIII SANGAT SEREM DEHHH TATUT

  • SALSABILAPUTRI

    GHBDHFERJJTGKRJHIKEW89R6 89Q98 087 HELIURE 97U8T9YUI5 KIYRUIEHB 76U32YHUDL; JHKH HKGEOI HIFJCFEKY HYGLKTGFMYFNYTXMGDH YHKMFVNS

  • boy

    sempurna>>>>dirinya.